Olahan bakso yang paling enak adalah dengan menggunakan kuah, ada kalanya resep dari Kota terntentu seperti halnya Solo membawa citarasa tersendiri bagi penikmat bakso berkuah.

Berikut ini kami sarikan resep kuah bakso solo yang sudah kami sarikan dari berbagai sumber.

Jika bertanya soal kuliner Indonesia, salah satu yang bisa dibanggakan adalah bakso. Bakso merupakan bola-bola daging kenyal yang dibuat dari daging sapi, ayam, ikan, yang dicampur tepung, serta disajikan dengan kuah kaldu.

Kuliner yang biasa disajikan di gerobak keliling atau depot ini, berakar dari budaya Tionghoa yang terlebih dahulu mempunyai varian sendiri terhadap bakso. Bakso sendiri berasal dari bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti daging giling.

Karena banyak sekali varian dan inovasinya cara membuat kuah bakso pun jadi banyak dan berbeda-beda. Apakah Anda ingin mencoba membuat kuahnya? Berikut kami akan berbagi resep cara membuat kuah bakso yang sedap dan mudah.

  1. Geprek bawang putih, lalu cincang kasar.
  2. Panaskan wajan, tuang minyak, tunggu hingga panas. Jika telah panas, tumis pawang putih hingga layu.
  3. Didihkan air di panci besar. Masukkan daun bawang dan seledri, jika tak suka rempah ini bisa dilewati. Masukkan tulang ayam. Diamkan beberapa saat.
  4. Masukkan bawang putih yang telah ditumis, beserta jahe yang telah dibakar dan digeprek, pala, serta kaldu blok secukupnya. Diamkan sembari mendidih agar rasa bercampur dengan baik.
  5. Bumbui dengan garam dan lada putih secukupnya, lalu jangan lupa untuk mengoreksi rasa. Tambahkan garam atau kaldu blok jika kurang gurih, atau tambahkan air jika terlalu asin.
  6. Kuah bakso ayam spesial Anda sudah bisa disajikan bersama bakso ayam.

Cara membuat kuah bakso sederhana yang enak dan sedap tanpa daging.

Untuk membuat kuah bakso, biasanya kita menggunakan tulang sapi untuk membuat kuah lebih kental aroma kaldu sapi yang gurih. Anda bisa gunakan tulang apa saja dari berbagai bagian sapi. Daging pun bisa turut diikutkan.

Namun jika Anda ingin membuat kuah bakso sapi tanpa daging, Anda bisa mencari tulang kaki sapi yang mengandung sumsum. Berikut cara membuat kuah bakso sapi sederhana.

  1. Geprek bawang putih, lalu cincang kasar.
  2. Panaskan wajan, tuang minyak, tunggu hingga panas. Jika telah panas, tumis pawang putih hingga layu.
  3. Didihkan air di panci besar. Masukkan daun bawang dan seledri, jika tak suka rempah ini bisa dilewati. Masukkan tulang kaki sapi. Diamkan beberapa saat.
  4. Masukkan bawang putih yang telah ditumis, jahe yang telah dibakar dan digeprek, pala, serta kaldu blok secukupnya. Diamkan sembari mendidih agar rasa bercampur dengan baik.
  5. Bumbui dengan garam dan lada putih secukupnya, lalu jangan lupa untuk mengoreksi rasa. Tambahkan garam atau kaldu blok jika kurang gurih, atau tambahkan air jika terlalu asin.
  6. Kuah bakso sapi Anda sudah bisa disajikan bersama bakso sapi atau bakso urat.

Cara membuat kuah bakso sapi yang enak dan bening

Sebelumnya kami telah berbagi resep kuah bakso sapi yang enak dan sedap. Namun seringkali Anda tidak suka dengan kuah bakso sapi yang keruh. Tentu konsekuensinya adalah, yang lebih bening tak akan lebih sedap daripada yang keruh. Nah, kami akan berbagi tips untuk membuat kuah bakso sapi yang bening.

Berikut tips dan cara membuat kuahbaksosapi yang bening:.

  1. Untuk membuat kaldu, pilih tulang sapi yang lebih tak seberapa besar, atau hindari tulang kaki sapi yang mengandung banyak sumsum. Sumsum ini akan membuat kuahberlemak.
  2. Pastikan rasio tulang hanya setengah kilo untuk 3 liter air. Makin banyak akan makin keruh.
  3. Ketika merebus tulang untuk pertama kalinya, buang air didihan pertama dan ganti dengan air yang baru. Pakai air yang baru tersebut untuk kaldu. Air didihan pertama biasanya adalah yang paling keruh dan punya rasa sapi yang terlalu kuat.
  4. Saring bumbu-bumbu seperti bawang putih, jahe, daun bawang, serta seledri. Tak lupa sendok satu persatu lemak yang mengapung di bagian atas didihan kaldu Anda.

Jika Anda membuat bakso ikan, tentu Anda tak ingin melupakan kuah untuk menemaninya. Ternyata, ada dua cara menarik yang digunakan untuk membuat kuah bakso ikan. Keduanya sedap, namun punya perbedaan mendasar di rasa.

Bakso ikan memiliki kuah yang cenderung ringan, segar, dan bening. Jadi, membuat kuah bakso ikan versi ringan ini tak akan memakan banyak waktu.

Namun terdapat juga varian kuah bakso ikan yang lebih gurih dengan mengandalkan kaldu ikan. Hasilnya, kuah akan sedikit lebih keruh dan lebih kuat rasa ikannya.

Bahan yang digunakan adalah tulang dan kepala ikan. Gunakan ikan kakap putih atau tengiri. Kepala dan kulit udang juga bisa digunakan.

Adapun cara membuat kuah bakso ikan kaldu adalah:

  1. Bumbui air didihan membuat bakso ikan dengan batang daun bawang, lada dan garam secukupnya, serta kecap ikan secukupnya.
  2. Panaskan minyak di panci besar, lalu tumis bawang putih dan daun bawang putih hingga layu.
  3. Tambahkan air, lalu didihkan.
  4. Bumbui dengan garam, lada putih, serta kecap ikan. Koreksi rasa, asin tambah air, kurang asin tambah garam atau kecap ikan. Kembali didihkan.

Cara membuat kuah bakso aci.

Bakso aci adalah bakso berbahan kanji yang kini sedang hits, dan berasal dari daerah Garut, Jawa Barat. Bakso Aci ini memiliki rasa yang sederhana dengan nuansa segar dari jeruk limau dan pedas yang tajam dari cabe rawit.

1. Haluskan bawang putih dan bawang merah, lalu tumis hingga harum.

2. Didihkan air kuah, lalu masukkan tumisan bawang merah dan bawang putih. Diamkan agar rasa bercampur dengan baik.

3. Bumbui dengan lada putih dan garam secukupnya, tak lupa kaldu blok dan juga cabai rawit utuh.

Kota Malang terkenal dengan kulinernya berupa bakso. Namun yang membedakan bakso Malang dengan bakso dari kota-kota lain adalah berbagai variannya berupa bakso urat, bakso goreng, bakso bakar, aneka jerohan, aneka gorengan, serta bakso berisi cabe.

Namun selain varian, bakso Malang terkenal dengan kuahnya yang gurih dan terasa sedikit hantaman aroma jahe.

Jadi, jika Anda ingin membuat kuah bakso Malang yang spesial dan otentik khas Malang, ikuti penjelasan cara membuat kuah bakso sapi di atas sembari perkuat bahan jahenya dengan menambah kuantitasnya. Jangan lupa dibakar dan digeprek untuk lebih mengeluarkan aromanya.

Solo selain terkenal dengan tengkleng dan nasi liwet, terkenal juga dengan baksonya. Kuliner yang biasanya dipasangkan dengan mie ayam ini punya cita rasa kuah yang super bening dan segar.

Untuk membuat kuah bakso Solo,cukup ikuti cara membuat kuah bakso sapi bening yang telah kami jelaskan di atas. Jangan lupa beri banyak taburan daun seledri dan juga tambahan mie soun untuk sajian bakso yang makin otentik khas solo.

Ingin masak dengan tantangan baru? Bagaimana kalau membuat bakso dan kuahnya sendiri dari nol?

Semerakyat-merakyatnya hidangan bakso, kita tidak bisa meremehkan nilai penting yang dibawanya. Untuk banyak usaha bakso yang serius, semuanya butuh persiapan dan kerja keras. Layaknya restoran ramen dari Jepang, bisnis ini juga membutuhkan ketelitian dan keseriusan dalam membuat kuahnya serta baksonya sendiri. Salah satu contohnya di sini adalah mereka yang serius menggeluti resep bakso Solo asli.

Mungkin banyak yang berpendapat kalau bakso lebih baik membeli saja. Memang benar praktis. Malah banyak bakso yang berkualitas dijual di pasaran. Dengan membuat sendiri dari resep bakso sapi dan kuahnya, kita mengetahui pilihan serta kualitas daging dan mengetahui cara membuat bakso serta kuahnya.

Lebih repot, pasti, tapi kita semua belajar masak dan berlomba-lomba ingin jadi yang terbaik. Mau dong sekali-sekali siapkan yang terbaik untuk keluarga sendiri?

Cara membuat bakso sebenarnya relatif sederhana, jika kita mau mencobanya. Pertama, daging sapi giling dan balungan kaki sapi adalah yang akan kita gunakan. Saat bersiap memasak, campur daging giling dengan es batu, telur, dan bumbu-bumbu lainnya. Kali ini kita menggunakan food processor agar adonan ini tercampur merata dan juga cepat. Setelah itu gunakan sendok makan, ambil adonan, dan mulai kita membentuk satu per satu menjadi bakso.

Nah inilah yang perlu kita apresiasi dari usaha bakso yang homemade. Proses pembuatan ini begitu rutin dan terdengar membosankan, apalagi kalau seharinya mereka menjual ratusan bahkan ribuan butir bakso.Tapi dengan belajar sendiri di rumah, kita sebetulnya menciptakan resep bakso kita sendiri dan pasti ada kebanggaannya. Ingat, practice makes perfect, jadi jangan khawatir kalau bentuknya tidak sempurna. Lama-lama bentuknya akan bagus dan hasil akhirnya sedap.

Tahap lainnya adalah cara membuat kuah bakso yang dimulai dari kaldu dari kaki sapi dan berbagai bumbu lainnya. Untuk yang satu ini bisa kita masak cukup lama agar kuahsemakin sedap. Dengan demikian, resep Bakso Solo asli ini sudah jadi dan siap disantap untuk menemani kesibukanmu hari ini.

Cara Memasak Bakso Solo Asli

Bakso sapiĀ  di dalam food processor masukkan semua bahan bakso kecuali tepung kanji dan air. Proses hingga halus. Pindahkan adonan ke dalam wadah. Masukkan tepung kanji, aduk rata.

  • Ambil 1 sdm adonan, bentuk bulat.
  • Ulangi hingga adonan habis.
  • Rebus bakso di dalam air mendidih. Masak hingga bakso mengapung. Angkat, tiriskan.
  • Tata bihun di dalam mangkuk saji. Tambahkan beberapa butir bakso. Siram dengan kuah. Taburi dengan daun seledri dan bawang merah goreng.
  • Tambahkan kecap manis sesuai selera.

Kesimpulan

Ada banyak cara ragam membuat resep kuah bakso solo. Anda bisa dengan mudah mencobanya karena sebagaian besar bahan memang mudah diperoleh di pasar atau penjual sayur di dekat Anda. Mengenai resep mana yang Anda coba, silakan saja coba dulu semua, dan Anda akan bisa menentukan mana yang paling cocok dan digemari oleh keluarga Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here